celana-jeans-luntur
celana jeans luntur

Celana jeans merupakan jenis celana yang banyak digemari banyak orang dari anak kecil sampai orang dewasa, karena bahannya yang nyaman dipakai dengan modelnya yang simpel dan tidak mudah ketinggalan zaman, semakin belel jeans semakin nyaman.

Waktu terbaik untuk mencuci jeans anda akan tergantung dari seberapa sering anda memakai dan bagaimana menggunakannya dalam sehari hari, oleh karena itu penting untuk merawat  celana jeans agar tidak mudah luntur. Mencuci celana jeans pun tidaklah mudah  apalagi ketika kondisi celananya berat dan kotor.biar celana jeans anda awet mari perhatikan tips berikut.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Celana Jeans Putih

Inilah 8 cara mencuci celana jeans agar tidak mudah rusak dan luntur :

  1. Cucilah celana jeans dalam air yang bersuhu normal. Sesuai anjuran yang tertera pada lebel perawatan dicelana jeans anda. Suhu air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan warna asli jeans memudar oleh karena itu memeriksa suhu air untuk mencuci celana jeans adalah langkah awal yang cukup penting .Idealnya cuci jeans dalam suhu maksimum 30 derajat celcius. Jika keterangan perawatan ini tidak tertera cucilah celana jeans anda dengan air dingin saja.    
  2. Balikan bagian dalam  celana jeans dan tutup risleting dan kancingnya, ketika kita mencuci celana terkadang kita suka lupa bahwa membalikan celana ketika mau mencuci adalah salah satu langkah penting, dengan membalikan celana dapat mengurangi resiko rusaknya pada bagian luar celana.

    Gesakan gesekan yang terlalu sering dan keras yang secara perlahan bisa mengikis permukaan celana jeans dan mengakibatkan celana jeans semakin tipis, warnanya cepat memudar setra membuat celana cepat rusak.
  3. Pilihlah detergen yang cocok untuk mencuci celana jenas, dalam memilih detergen untuk mencuci celana jeanspun cukup penting karena ketika kita sembarangan memilih detergen dapat merusak celana dan membuat warnanya semakin pudar. Hindari pemakaian produk pemutih karena dapat mempercepat pemudaran warna jeans.Disarankan Pilihlah detergen cair daripada detergen bubuk untuk mencuci jeans.
  4. Rendam celana dengan air dingin yang sudah dicampurkan dengan cuka(gunakan cuka secukupnya) diamkan selama 1jam lalu bilas jika masih ada nodanya cuci menggukanan detergen lalu bilas dan gantungkan ditempat yang kering.
  5. Jika mencucinya menggunakan tangan usahakan tidak disikat agar celana tidak mudah rapuh,ketika dikeringkan jangan memeras celana jeans tapi cukup dengan gulung dan tekan agar airnya keluar lalu gantung celana hingga kering.

    Hindari menjemur celana jeans langsung dibawah sinar matahari, karena menjemur langsung dibawah sinar matahari dapat mengakibatkan warna jeans anda menjadi pudar dan bisa bikin teksturnya menjadi kasar.akan lebih baik jika dijemur biasa saja tanpa paparan sinar matahari langsung.
  6. Jika  mencuci menggunakan mesin pisahkan pakaian yang berbahan jeans dengan pakaian biasa agar tidak menimbulkan gesekan yang terlalu sering, bahkan pisahkan lagi pakian yang berbahan jeans namun berbeda warna agar warna satu sama lain tidak cepat pudar,lalu pilih mode gentle wash agar pengucekan tidak terlalu kasar.

    Jika ingin dikeringkan dalam mesin cuci usahakan pengeringnya tidak terlalu total,menggunakan pengering secara total untuk jeans dapat merusak serat kain sehingga  jeans lebih cepat rusak dan memudar warnanya. Akan lebih baik jika tidak dikeringkan dimesin cuci.
  7. Jika kotoran dalam celana tidak terlalu banyak cukup dengan cuci bagian yang kotornya saja agar celana tidak mudah rusak. Jika noda dalam celana  sedikit atau ringan bisa membersihkan sementara dengan menggunakan cairan permbersih serta lap basah, cukup dengan bersihakan bagian nodanya saja, jika ada noda lemak cukup bersihkan dengan pembersih lantai dan jika ada noda cat cukup bersihkan dengan cairan pembersih tinta.
  8. Usahakan tidak terlalu sering dicuci  agar celana jeans  awet dan tidak mudah rusak.Untuk pakaian yang berbahan jeans sebaiknya jangan terlalu banyak dicuci apalagi setiap hari.ketika kita terlalu sering mencuci secara otomatis sering terkena detergen yang akan membuat warna jeans cepat memudar kusam dan rusak.

Memang biasa secara umum setelah mencuci celan jeans akan menyusut tapi akan kembali kebentuk semula setelah beberapa kali dipakai. Dengan memperhatikan metode mencuci celana jeans diatas dapat menjanga kecemerlangan warnanya.

Pin It on Pinterest

Share This